Blog Suka Suka

Cara Kerja Google

Okeey, kali gw mau share tentang Google, sebuah search engine yang sangat populer sekarang.

Google ditemukan tahun 1998 oleh 2 orang yang sekarang menjadi President Google Inc.
mereka adalah Lawrence Edward “Larry” Page sekarang menjabat sebagai Products President dan Sergey Mikhaylovich Brin sekarang menjabat sebagai Technology Presidents.
Pada saat itu sebuah penelitian dilakukan oleh Larry Page dan bekerja sama dengan Sergey Brin ketika mereka berdua masih mahasiswa PhD di Stanford University, California. Mereka berkesimpulan bahwa mesin pencari yang menganalisa hubungan antar website menghasilkan hasil ranking yang lebih baik daripada search engine dengan metode yang ada saat itu.
Akhirnya mereka berdua membuat search engine dengan nama “BackRub” karena memiliki sistem yang melakukan pengecekan backlink untuk memperkirakan tingkat penting tidaknya sebuah situs. Pada saat itu sebuah Search Engine kecil bernama Rankdex juga sedang melakukan penyelidikan yang sama.
Berdasarkan logika bahwa halaman dengan banyak link mengarah ke halaman tersebut adalah halaman yang penting dan relevan, maka Larry Page dan Sergey Brin melakukan pengujian dan menjadikan thesis mereka sebagai penelitian untuk search engine mereka. Akhirnya search engine buatan mereka digunakan oleh Stanford University di google.stanford.edu. Dan domain google.com diregistrasikan pada 15 september 1997 dan menjadi perusahaan Google Inc.

Bagaimana Google bekerja

1. Bagaimana Search Engine bekerja

Cara search engine bekerja adalah dengan menggunak software yang disebut SPIDER.
Sama seperti laba-laba biasa yang mempunyai jaring-jaring, begitu juga dengan SPIDER ini, dengan menggunakan logika yang sama, spider akan terus mencari informasi yang sesuai dengan yang kita inginkan.
Gampangnya begini, misalnya di intenet ada 1 miliar halaman web, sedangkan kita ingin mencari yang berkaitan tentang JAMU. Maka SPIDER akan mencari setiap kata JAMU pada setiap halaman yang ada di 1 miliar web tersebut.
Secara simple cara kerja search engine seperti itu. Lantas mengapa Google berbeda??

2. Apa yang membedakan antara Google dengan Search Engine biasa??

Yang membuat google berbeda adalah algoritma yang digunakannya. emangnya algoritma google itu seperti apa sih?

PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)

Nama lain atau keren dari Algoritma ini disebut dengan PageRank.

3. Apa itu PageRank

PageRank adalah algoritma merk dagang yang dikembangkan oleh penemu google dimana setiap web mempunyai nilai relevansi terhadap informasi yang ingin dicari.

Bisa dibayangkan kalau kita search kata Sepakbola di google pasti akan muncul banyak web yang menampilkan kata sepakbola akan tetapi bagaimana kita bisa mensortir mana yang paling relevan dengan kita dan paling akurat informasinya, oleh karena itu ada PageRank.
Jadi setiap web ada nilai relevansinya dan itu ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain :
1. Frekuensi dan lokasi kata kunci dalam Halaman Web: Jika kata kunci hanya muncul sekali di dalam badan halaman, web tersebut akan menerima skor yang rendah untuk kata kunci tersebut.
2. Berapa lama web telah ada: Orang-orang membuat halaman web baru setiap hari, dan tidak semua dari mereka menunggu dekat lama. Google menghargai web dengan waktu lebih lama.
3. Jumlah halaman Web lainnya yang memiliki link ke halaman yang bersangkutan: Google melihat berapa banyak halaman Web link ke situs tertentu untuk menentukan relevansinya. Link ini termasuk link keluar atau link kedalam. Jadi semakin banyak link yang ada pada halaman tersebut (yang pasti link yang sesuai dengan informasi yang kita mau) akan mempunyai nilai besar.

4. Contohnya

Kita ingin mencari informasi sepatu di google. Maka dengan sekejap SPIDER-nya google akan mensearch kesemua web di dunia ini yang mempunyai kata sepatu dan dengan software mereka,
mereka akan melakukan penilaian terhadap web tersebut berdasarkan faktor2 yang disebutkan diatas sehingga bisa memunculkan web mana yang paling tinggi nilai relevansinya pada informasi yang kita mau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s