Blog Suka Suka

Widget WordPress : Alexa

Alexa internet bagi para blogger atau pemilik situs bukan sesuatu yang asing lagi, Alexa internet, Inc merupakan anak perusahaan amazon.com yaitu suatu situs penyedia jasa informasi mengenai banyaknya traffic suatu pengunjung, dan mengurutkannya berdasar ranking, alexa dapat dikatakan merupakan tolok ukur kepopuleran suatu situs, semakin rendah ranking alexa maka semakin baik atau semakin ramai situs tersebut dikunjungi demikian juga sebaliknya, berdasar pengalaman gw selama ini alexa mulai menghitung ranking suatu situs mulai dari angka 24-jutaan diatas 24 juta masih belum masuk hitungan alexa, yang apabila kita cek dengan mempergunakan toolbar alexa atau widget alexa masih tertulis n/a.

Sebagai perbandingan traffic saat ini ranking alexa tertinggi tingkat dunia nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut di mulai dari google, facebook dan YouTube, secara lengkap Anda bisa melihat disini,  alexa.com mengupdate tingkat rangking blog kita dengan update harian, bagi Anda yang ingin memasang widget alexa berikut ini cara memasang widget alexa di sidebar :

1. Login terlebih dahulu pada akun wordpress, klik post, add new, biarkan pada mode tampilan visual

2. Masuk ke

http://www.alexa.com/siteowners/widgets/traffic

3. Ada 3 pilihan , pilih pilihan alexa site stats button atau alexa traffic rank button,khusus pada pilihan ke 3 (alexa traffic graph) rank alexa temen2 minimal harus 100.000, tujuannya adalah untuk membandingkan tingkat traffic suatu situs dengan situs lain.

4.Isikan alamat url Anda pada kolom url, sesuaikan dengan nama blog masing-masing pada contoh gw ketik https://bagussatriawan.wordpress.com, selanjutnya klik build widget.

5. Kode HTML akan ditampilkan, karena wordpress.com tidak mendukung java script maka kita perlu sedikit mengakalinya terlebih dahulu, lihat pada bagian sebelah kanan, drag pada bagian atas gambar widget, sehingga widget akan ditandai dengan higlight berwarna biru, klik copy atau salin.

 

6. Pindah ke akun wordpress  dan pastekan kode yang telah dapatkan tadi pada post yang telah disiapkan pada langkah nomor 1, akan muncul tampilan seperti contoh dibawah ini :

7. Klik pada mode tampilan HTML, dan copy kodenya.

8. Masuk pada menu Appearance, widget, pilih widget text, drag kebagian sebelah kanan dan atur penempatannya, paste-kan kode yang telah di dapatkan, klik save untuk menyimpan perubahan, kini pada sidebar temen2 sudah terpasang widget alexa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s