Blog Suka Suka

Perbedaan wordpress.com Dengan wordpress.org

Sebelumnya, yang dimaksud dengan wordpress.com adalah blog wordpress gratisan secara umum. Disitu, kita tidak perlu diributkan dan dipusingkan dengan urusan domain, hosting, bandwith,setting DNS, plugin dan sebagainya. Kita cukup punya email, daftar blog konfirmasi, dan jreng-jreng, blog-pun sudah siap untuk digunakan. Sedangkan yang dimaksud dengan wordpress.org adalah blog/situs yang tetap menggunakan wordpress sebagai CMS/mesinnya dengan mendownload versi terbaru di situs wordpress.org lalu diinstal ke hosting kita sendiri (entah yang gratisan/membayar) dan alamatnya sudah menggunakan domain kita sendiri sehingga tidak mendompleng nama [nama].wordpress.com lagi. Perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org :

1. Theme. Wp.com :
Theme-nya terbatas, tidak bisa instal sendiri, sudah disediakan otomatis dari sananya. Tapi pilihan bisa selalu berganti tiap periode waktu tertentu. Script theme ini tidak bisa dibuka sehingga tidak bisa dirubah alias sudah default dari sananya. Wp.org : Bisa pilih theme dari yang disediakan maupun upload sendiri. Tersedia ribuan theme yang beredar luas dan gratis di internet. Bisa pilih, upload, dan ganti sepuasnya. Ditambah lagi kita bisa mengubah script web-nya di jendela editor yang sudah disediakan.

2. Setting Domain dan Hosting.
Wp.com : Seperti yang udah gue sebutin sebelumnya, proses pembuatan blog-nya sangatlah mudah. Harus punya email, daftar di wp.com, aktivasi dan blog sudah siap untuk digunakan. Untuk urusan domain ya harus dompleng nama wp.com tapi bisa lifetime (seumur hidup aktif), sedangkan hosting juga udah include alias gak usah mikir lagi, termasuk urusan konsumsi bandwith (unlimited), dan yang terpenting bahwa semuanya gratis plus loading page yang cukup cepat.

3. Scripting
Wp.com : Hmm,, no comment deh. Kita hanya bisa setting terhadap fasilitas apa yang sudah disediakan, tinggal klak klik, keinginan kita dibatasi dengan interface (tampilan) yang sudah ada, suka/tidak hanya itulah yang bisa anda gunakan.
Wp.org : Scripting bisa diakses di semua fasilitas, mulai theme, plugin hingga widget. Kalau di wp-nya sendiri tidak tersedia fasilitas editor untuk panel tertentu, maka kita bisa mengeditnya sendiri menggunakan fasilitas editor dari hosting. Atau di-edit di lokal host lalu di upload ke server hosting, yang penting bisa benar-benar dirombak sesuai dengan keinginan.

4. Java Script
Wp.com : Ini adalah salah satu kelemahan terbesar wp.com, kenapa? Sebab para blogger yang berkeinginan mencari uang lewat internet marketing (sejenis adsense) tidak bisa meletakkan kode java script yang tersedia pada blog wp.com.Tidak bisa, karena wp.com sendiri tidak mengijinkan penggunaan kode script ini dikarenakan dianggap membahayakan dan bisa menyusupkan fungsi malware/virus yang dapat mengganggu server wp.com. Kebayang kan gimana kalau server pusat wp.com lagi error, ya para blogger pengguna wp.com diseluruh dunia tentu tidak bisa mengakses blog- nya dengan cara apapun. Untuk lebih jelasnya kenapa wp.com tidak mengijinkan penggunaan kode java script di blog-nya, bisa temen2 cari sendiri detilnya di mbah Googlel katanya sih dulu penggunaan kode jenis ini diijinkan, hingga suatu hari si server terkena virus dan menjadi down di seluruh dunia, maka kemudian dilaranglah penggunaan kode ini.
Wp.org : Jelas kebalikan dari wp.com, kita bisa memasang kode java script, sebab server-nya kan urusan kita, dimana kita meng-upload mesin wordpress kita, itu semua sudah menjadi tanggungan kita, jadi tidak masalah. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan terkuat mengapa seseorang lebih memilih menggunakan wp.org daripada wp.com.

Ternyata banyak juga sisi negatif dan positif dari wp.com dan wp.org. Tapi hanya segitu aja yang gue tau, temen2 bisa mencari info mengenai hal ini dari situs lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s