Blog Suka Suka

Gadget Terbaik Tahun 2011

Tahun 2011 segera berakhir, begitu banyak gadget baru dikeluarkan pada tahun ini. Sebagian memang hebat dan dipuja, sebagian lagi dicerca. Para produsen perangkat elektronik memang berlomba memperkenalkan gadget canggih tahun ini. Beberapa di antaranya berpengaruh besar dari sisi teknologi, inovasi maupun desain sehingga menjadi benchmark bagi para pesaingnya.

Gadget apa saja yang dianggap paling berpengaruh di 2011? Inilah daftarnya dikutip dari berbagai sumber. Daftar ini disusun berdasarkan abjad, bukan peringkat:

1. Amazon Kindle Fire

Banyak tablet berusaha menumbangkan iPad, belum ada satupun yang berhasil. Kindle Fire mungkin punya peluang terbesar. Sejatinya tidak ada yang istimewa dari gadget ini, namun ia datang dengan senjata rahasia. Yaitu harga sangat murah, hanya USD 199 dan nama besar Amazon yang menyediakan konten berlimpah. Kindle Fire pun dianggap ancaman utama iPad.

2. iPad 2

iPad 2 menyajikan performa kelas atas dengan prosesor dual core serta aplikasi menawan semacam GarageBand atau Codify. Tablet ini juga berukuran sangat tipis yang memicu produsen lain berlomba-lomba menirunya. Berkat dukungan aplikasi khusus yang begitu banyak di App Store, serta aksesoris cover inovatif Smart Cover, iPad 2 sangat memikat.

3. Apple MacBook Air 11 inch

Pelopor laptop super tipis ini semakin digdaya. Dengan prosesor Sandy Bridge dan storage SSD, laptop MacBook Air 11 inch dapat hidup dengan seketika serta menawarkan baterai dengan keawetan ekstra.

4. Canon Ixus 230HS

Canon Ixus 230HS memang tidak memiliki lensa interchangeable, layar yang bisa diputar atau resolusi super tinggi. Namun sistem HS-nya dianggap memukau. Sistem HS (High Sensitivity) bisa membidik objek dengan hasil bagus di hampir semua kondisi pencahayaan.

5. LG Optimus 3D

Inilah ponsel Android pertama yang memiliki kemampuan layar 3 dimensi. Asyiknya, tampilan 3D di layarnya dapat dilihat tanpa bantuan kacamata khusus.

6. Motorola Xoom

Memang penjualan Xoom tidak sesuai target Motorola dan kalah jauh dengan iPad. Namun tetap saja Xoom menandai keseriusan Google di ranah tablet, yakni menjadi tablet pertama yang memakai Android Honeycomb, sistem operasi yang khusus dibuat untuk tablet.

7. Nintendo 3 DS

Konsol portabel dengan kemampuan 3D menjadikan Nintendo 3DS sebagai inovasi tersendiri di dunia game. Pengalaman main game pun terasa lebih hidup. Sayang ada isu pernjualannya kurang menggembirakan, mungkin karena masih kurang banyaknya titel game tersedia serta isu miring mengenai layar 3D.

8. Panasonic TX-P55VT30B

Televisi ini menyajikan kualitas gambar yang sangat baik dalam segmen TV plasma. Film-film kualitas tinggi dapat disaksikan dengan sajian gambar sangat jernih dan penuh warna.

9. Samsung Galaxy S II

Muncul awal 2011, gadget ini langsung menarik perhatian. Para kritikus memujinya karena menyajikan paket lengkap desain langsing nan menarik, prerforma sangat kencang serta layar menawan. Ya kala dirilis, handset ini langsung berada di atas kompetitor dari sisi teknologi dan performa. Terbukti kemudian, Galaxy S II laris manis dan memenangkan berbagai penghargaan.

10. Samsung Galaxy Nexus

Galaxy Nexus menawarkan spesifikasi hardware dahsyat berikut sistem operasi Android 4.0 atau versi terkini yang biasa dijuluki Ice Cream Sandwich. Memang Galaxy Nexus didesain khusus oleh Google untuk mengawali serbuan handset Ice Cream Sandwich.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s