Blog Suka Suka

Hasil Pertandingan “Boxing Day” Edisi 2011

Boxing Day , kata yang tak asing bagi Premier League. Ya, boxing day adalah istilah bagi pertandingan yang digelar sehari setelah hari natal.
Di beberapa negara, kompetisi sepak bola akan diliburkan pada saat Natal. Tapi di Inggris dan beberapa negara persemakmuran, justru sebaliknya.
Hari pada tanggal 26 Desember itu disebut Boxing Day . Bagi masyarakat Inggris, ini hari libur dan pastinya sangat istimewa, maka mereka memanfaatkannya dengan pesta, berbelanja, atau menyaksikan tontonan yang mereka suka termasuk sepak bola, harus tetap dimainkan. Jika tidak, maka bisa diprotes seluruh rakyat sebab sepak bola sudah menjadi bagian dari hiburan dan wisata wajib bagi sebagian besar orang Inggris.
Federasi Sepak Bola Inggris (FA) membuat jadwal pertandingan dengan begitu rapi. Khusus pertandingan pada Boxing Day, diusahakan tim yang bertanding bertetangga, atau jaraknya tak terlalu jauh sehingga, suporter dan tim tak melakukan perjalanan terlalu jauh dan dengan begitu tak membuang waktu di hari istimewa itu. Meski begitu, tidak semua partai mempertandingkan dua tim yang berdekatan.

Pada laga Premier League di Boxing Day 2011 ini akan mempertandingkan tim- tim yang berdekatan letaknya semisal, Chelsea akan menjamu Fulham. Kedua klub sama-sama dari London.

Kenapa di sebut Boxing Day? Ini bukan hari tinju, bukan pula hari kotak. Nama itu sudah lama dan mentradisi sejak lama, diperkirakan muncul pada Abad Pertengahan. Ada beberapa versi keterangan. Pada tanggal 26 Desember merupakan hari di mana masyarakat Inggris saling memberi hadiah atau bingkisan yang dibungkus dalam sebuah kotak. Oleh karena itu, tanggal 26 Desember disebut Boxing Day. Ada penjelasan lain yang mengatakan, tradisi ini muncul di awal era Kristen. Saat itu, sebuah kotak besi ditaruh di depan gereja untuk mengumpulkan sumbangan. Namun di Inggris tradisi ini muncul saat para baron dan bangsawan memberi hari libur kepada para budak dan pembantunya di tanggal 26 Desember. Mereka diberi kesempatan mengunjungi keluarganya. Masing-masing pembantu atau budak diberi kotak berisi hadiah atau bonus. Sebab itu, kemudian muncul tradisi memberi hadiah pada 26 Desember dan kemudian dinamai Boxing Day.
Meski begitu, Boxing Day bisa berbeda- beda penafsiran di setiap negara. Yang pasti, di Inggris ini adalah hari istimewa, hingga sepak bola pun harus tetap berlaga. Boxing Day kini juga berkembang menjadi tradisi belanja besar-besaran di Britania Raya. Sebab, pada hari itu, hampir semua toko menawarkan diskon besar-besaran pula. Maka, selain ke stadion, pada hari itu masyarakat Inggris juga akan berduyun-duyun ke shopping center.

Berikut hasil pertandingan Premier League di Boxing Day

26 Desember 2011
Chelsea 1 – 1 Fulham
Bolton W. 0 – 2 Newcastle U.
Liverpool 1 – 1 Blackburn R.
Manchester U. 5 – 0 Wigan Athletic
Sunderland 1 – 1 Everton
West Bromwich A. 0 – 0 Manchester C.
Stoke City 0-0 Aston Villa
Arsenal 1 – 1 Wolverhampton
W.
Swansea C. 1 – 1 Queens Park R.

One response

  1. good info

    27 December 2011 at 14:51

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s