Blog Suka Suka

Tips Agar Google.com Tidak di Direct ke Google.co.id

Bagi kalian yang sering menghabiskan waktu menjelajah internet, situs ini adalah situs wajib untuk mencari informasi penting. Yap, itulah GOOGLE , search engine nomor satu di dunia saat ini. Namun kali ini gue gak akan ngebahas secara detail tentang google karena cara kerja google udah pernah gue tulis.
Jika kalian cermati, google akan meredirect pengetikan Google.com ke alamat lokal masing-masing negara. Jadi ketika kita menuliskan Google.com, pihak google akan melihat lokasi IP kita dan akan langsung me-redirect ke Google lokal.

Kaya kita misalnya tinggal di Indonesia, maka google.com akan otomatis di redirect ke Google.co.id, kalo di China Google.Cn, dan kalo di Italia namanya Google.it.

Terus, apakah ada perbedaan antara google dan google-google yang lain yang sifatnya lokal tersebut ? Toh namanya sama-sama google? Ada perbedaannya sob, karena Google lokal kaya Google.co.id yang dibidik adalah keyword lokal Indonesia. Untuk google lokal yang lain juga sama, yang dibidik adalah keyword untuk lokasi negara yang bersangkutan. Untuk Google yang sifatnya global dan merajai pangsa keyword adalah yang Google.com. Untuk membuktikannya silakan kalian mencoba membandingkan Google lokal dengan Google.com. Kemudian cari keyword di masing-masing Google tersebut, pasti akan perbedaan hasilnya. Kalo keyword yang kalian ketik adalah bahasa indonesia, biasanya peringkatnya akan lebih tinggi di Google.co.id, tetapi jika keyword yang kalian ketik menggunakan bahasa inggris, maka kemungkinan peringkatnya bagus di Google.com.

Memang ada manfaatnya ketika kita menggunakan google.co.id, terutama untuk blog dengan bahasa lokal pula. Jadi bergembiralah jika index blog kalian yang menggunakan bahasa Indonesia bagus di google.co.id. Tetapi akan lebih bagus lagi jika indexnya juga bagus di mata Google.com. Kalo mau lebih jeli, ranking alexa masing-masing Google juga berbeda, tergantung popularitas Google tersebut dimasing-masing negara. Pada saat tulisan ini dibuat, Google.com menduduki peringkat 1 di alexa , sementara Google.co.id hanya menduduki peringkat 71. Jadi dari situ, maka kalo bisa kita lebih mengoptimalkan blog kita di blog Google.com, bukan di Google.co.id.
Tapi bagaimana caranya ? Kan setiap kita ketik Google.com yang akan muncul adalah Google.co.id . Cukup mudah kok agar Google.com yang kita tulis tidak di redirect, caranya ketik Google.com/ncr (ncr=No Country Redirection) .

Okey, smoga coretan gue bermanfaat.
Salam blogging.

One response

  1. terima kasih atas infonya,, langsung go ke TKP untuk mencoba

    20 April 2012 at 13:53

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s