Blog Suka Suka

Jogja Spot #1 : Warkop Blandongan

Ngopi-ngopi? Mungkin hal yang lumrah buat sebagian mahasiswa di kota Jogja. Ngopi ditemani sebatang rokok udah cukup buat penambah semangat di pagi hari. Temen ngumpul bareng temen, temen begadang. Semuanya berasa kurang lengkap tanpa kopi dan rokok tentunya.

Kali ini gue mau berbagi cerita tentang Blandongan, sebuah coffeshop di Jogja yang cukup terkenal di kalangan penikmat kopi.

Lokasi warkop Blandongan berada di dekat palang pintu KA Gowok. Tempat nongkrong yang satu emang pantas dapat gelar megawarkop karena arealnya sangat luas. Blandongan menyediakan banyak sekali meja dan kursi kayu panjang yang sederhana dan beberapa tempat lesehan untuk mengakomodasi serbuan anak-anak nongkrong Jogja.
Meskipun layak disebut kafe karena memang berjualan kopi, Blandongan tidak bersolek cantik seperti kafe-kafe lainnya sebut saja espresso bar, goeboxcoffee dan spot warkop lainnya di jogja. Areal tempat duduk yang sangat luas itu berada di bawah bangunan bambu serba terbuka yag hanya beratapkan seng.
Sampah kulit kacang berserakan di mana-mana. “Jorok” mungkin kesan pertama yang muncul ketika kalian baru pertama kali ke sini.
Satu ciri khas yang membedakan Blandongan dengan coffeshop lainnya adalah atmosfernya yang penuh keakraban. Nampaknya faktor ‘kumuh namun bersahabat’ inilah yang menjadi andalan Blandongan dan membuatnya menjadi tempat nongkrong favorit, terutama bagi banyak cowok (boys are dirty by nature, ngahahaha).

Dulu gue sering nongkrong di sini bareng temen2 komunitas parkiran kampus buat sekedar ngumpul2 berbagi cerita tentang kuliah, kehidupan sehari-hari. Jokes ringan dan pisuhan khas anak muda pun tak terlewatkan.

Di Blandongan nampak banyak gerombolan pria berbagai rupa dan kelakuan memadati kursi. Tak jarang bisa kita temui pasangan yang sedang kencan! Benar-benar cewek yang penuh pengertian, wakakaka.

Kalo kalian baru pertama kalinya ke Blandongan, simak teknis petunjuk gue berikut biar kalian gak kelihatan seperti new kids on the block, plonga plongo gak tau gimana-gimananya. Kalo datang rame-rame, bagi kelompok menjadi dua.Kelompok pertama segera mengamankan lokasi sementara kelompok kedua (satu orang saja cukup) meluncur ke dapur untuk memesan, jangan lupa tanyakan teman-teman mau minum apa. Dapurnya adalah sebuah gubuk bambu di bagian belakang komplek dengan lampu hijau nempel di dindingnya. Ruangan yang super sempit ini (makanya gak usah rame-rame) berisi berbagai macam jajanan pasar dan aneka rupa camilan teman ngobrol, bahkan ada nasi bungkus ala angkringan. Ambil jajanan secukupnya dan bayar di kasir. Sambil bayar, kalian bisa sekalian pesan aneka minuman yang diinginkan.

Blandongan menawarkan banyak sekali racikan kopi dan susu dengan harga super ekonomis, yaa ini adalah hal lain yang membedakan dengan coffeshop lainnya. Coba kalian bandingin sendiri dengan coffeshop di sepanjang Nologaten.
Setelah ambil snack, cari tempat duduk dan tunggu aja minumannya datang. Meskipun disajikan dengan cangkir keramik berhias bunga-bunga, tampilan cantik jelas bukan keahlian Blandongan. Kopi susunya berceceran berantakan di gelas dan tatakan. Bagi kalian pecinta espresso, pastinya gak akan bisa menemukan sensasinya di dalam gelas kopi tubruk. Namun sepertinya rasa memang bukanlah senjata utama Blandongan. Tempat ini lebih menawarkan lokasi asyik buat ngobrol apa saja tanpa perlu repot menjaga image. Kondisi warung yang sudah lumayan jorok membuat kita (cowok-cowok yang jorok) nyaman untuk berbuat berbagai kejorokan lainnya.

Menurut cerita yang beredar, Blandongan berawal dari bisnis kecil-kecilan sang owner yang pada awalnya hanya membuatkan kopi buat teman-teman kosnya. Kopi di Blandongan ini konon dibawa langsung dari Blandongan,suatu tempat di Jawa Timur. Rasa kopi Blandongan khas sampai butiran kopinya terasa. Rasanya boleh diadu dengan kopi Lampung yang melegenda.

Okey, buat penikmat kopi silakan cek spot sendiri di Blandongan dan smoga menambah pengetahuan rasa kalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s